Site icon Awina Sinergi International

Penandatanganan Pembentukan Perusahaan Joint Venture di Bidang Commercial and Industrial Solar PV leasing yang dilakukan RIKUDENKO, AWINA, AAI pada 6 Desember 2022

Hokuriku Electrical Construction Co., Ltd (RIKUDENKO), bersama anggota group perusahaan kami AAI Co., Ltd dan PT. Awina Sinergi International (AWINA) pada 6 December 2022 melakukan penandatanganan kerjasama bembentukan perusahaan patungan atau Joint Venture untuk melakukan bisnis di bidang leasing solar PV dan konstruksi dengan nama PT. Rikudenko Solar Engineering (ARISE). Penandatanganan dilakukan di kantor PT. Awina Sinergi International yang berlokasi di Lantai 6 SME Tower Jl. Gatot Subroto Kav 94 Jakarta Selatan.

(Dari kiri ke kanan :, Ono Takahito – CEO AAI Co., LtdYano Shigeru – CEO Hokuriku Electrical Construction Co., Ltd. Ananda Setiyo Ivannanto – Direktur Utama PT Awina Sinergi International)

Komitmen ini dilakukan sebagai bagian upaya untuk mendukung target transisi energi hijau  dalam rangka pencapaian target net zero emission atau karbon netral di Indonesia pada tahun 2060, serta percepatan pencapaian tenaga surya atap di Indonesia serta meningkatkan hubungan kerjasama bisnis di bidang konstruksi, teknologi dan investasi di bidang tenaga listrik. Selain itu juga dilakukan kegiatan riset terkait sistem energi tenaga surya dengan Universitas Udayana, Bali untuk membuat prototype sistem tenaga surya offgrid untuk kebutuhan battery swap station untuk motor listrik.  Selain itu juga untuk menguji teknologi flexible sheet panel solar PV yang beratnya lebih ringan dan tidak perlu kerangka untuk dipasang di atap yang memiliki kendala dengan kekuatan atap.

Dari kiri ke kanan Siti Badriyah – Direktur Energi Terbarukan PT. Awina Sinergi International, Dr. Si Putu Gede Gunawan Tista, ST, MT. dari Universitas Udayana, Arya Pradipta Direktur Operasional – PT. Agra Surya Investindo, Harvey Tjokro – Direktur Utama PT. Agra Surya Investindo, Ananda Setiyo Ivannanto – Direktur Utama PT. Awina Sinergi International, Yano Shigeru – Presiden Direktur Hokuriku Electrical Construction Co., Ltd., Dr. Dewa Ngakan Ketut Putra Negara, ST, MSc. mewakili Dekan Fakultas Teknik Universitas Udayana, Ono Takahito – Presiden Direktur AAI Co., Ltd., Kita Katsuhiko – Managing Director Hokuriku Electrical Construction Co., Ltd., Ajeng Larasati – Planning Department Hokuriku Electrical Construction Co., Ltd., dan Sasaki Akito – General Manager Planning Department Hokuriku Electrical Construction Co., Ltd.

 

Nama Perusahaan PT. AWINA RIKUDENKO SOLAR ENGINEERING INDONESIA (ARISE)
Alamat Jalan Gatot Subroto Kav. 94, Jakarta Selatan, Republik Indonesia
Aktivitas Indonesia Leasing PLTS atap
Modal Saham 10 Miliar rupiah (sekitar 95 juta yen)
Rasio Investasi Hokuriku Electrical Construction Co., Ltd. : 70%, AAI Co., Ltd. : 15%, PT. Awina Sinergi International : 15%
Dewan Direksi dan Pejabat Eksekutif Dua direktur (dari tiga) dan satu auditor (dari dua) dari perusahaan

 

 

Perjanjian JV antara RIKUDENKO, AAI, dan AWINA

Hokuriku Electrical Construction Co. Ltd. merupakan anak perusahaan dari Hokuriku Electric Power Company yang berdiri tahun 1944 (saat ini berusia 78 tahun) bergerak di bidang instalasi jaringan listrik dan konstruksi pembangkit tenaga listrik serta penyediaan tenaga listrik di wilayah Prefektur Toyama, Ishikawa, Fukui, dan Gifu Jepang. Untuk pertama kalinya komitmen anak perusahaan Hokuriku Electric Power Company untuk mendirikan perusahaan di luar Jepang. Dalam pengembangan bisnis ini di luar Jepang pertama kali ini, Hokuriku Electrical Construction Co., Ltd. bekerjasama dengan AWING Group melalui AAI Co., Ltd dan PT. Awina Sinergi International untuk melakukan bisnis di Indonesia.

PTAwina Sinergi International Co., Ltd. adalah anak perusahaan A-WING Group yang berfokus pada bidang jasa konsultasi dan pengembangan bisnis khususnya antara Indonesia dan Jepang di bidang energi terbarukan maupun bisnis terkait pembangunan berkelanjutan atau SDG’s.

AAI Co., Ltd. adalah yang fokus dalam pengembangan bisnis di bidang pembangunan berkelanjutan atau SDG’s di Asia dan Afrika yang saat fokus usahanya ada di Indonesia, Bangladesh serta dalam pengembangan bisnis di Afrika. adalah perusahaan Jepang yang fokus dalam pengembangan bisnis di bidang pembangunan berkelanjutan atau SDG’s di Asia dan Afrika yang saat fokus usahanya ada di Indonesia, Bangladesh serta dalam pengembangan bisnis di Afrika.

Sehari sebelum penandatanganan perjanjian Joint Venture ini, telah ditandatangani nota kesepahaman dengan Universitas Udayana di Bali pada tanggal 5 Desember 2022 untuk bekerja sama dalam pelaksanaan penelitian bersama tentang sistem PLTS offgrid untuk battery swap station untuk membantu percepatan target PLTS atap dan konversi motor listrik di Bali maupun Indonesia.

Nama Universitas UNIVERSITAS UDAYANA
Dibangun 29 September 1962.
Alamat Kecamatan Jimbaran, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali
Rektor Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara
Dekan Teknik Prof. Dr. Ir. Ketut Sudarsana
undergraduate 13 Fakultas 25 program master 10 program doktor
Murid/Guru 23.000 murid /1 .474 guru

 

 

Upacara penandatanganan MoU Penelitian Bersama di bidang PLTS Atap dan Off Grid System pada 6 Desember 2022 di Universitas Udayana, Bali

(L-R) Wakil Rektor (Perencanaan, Kerjasama dan Informasi) Universitas Udayana – I Putu Gede Adiatmika; Presiden Direktur RIKEDENKO – Shigeru YANO

AWINA – Dec 2022